Method adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Program harus dibungkus dalam method. Dengan method kita bisa memanggil kumpulan program hanya dengan memanggil nama methodnya, pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak boros menuliskan program, program menjadi lebih terstruktur, praktis, dan efisien.
Bentuk umum:
( );
//menggunakan tanda kurung setelah nama method itu kuncinya
//parameter bersifat opsional, tergantung kebutuhan
Contoh:
namaMethid();
//method bernama namaMethod
Ada 2 jenis method:
Method yang tidak mengembalikan data (diberi tipe void)
Ex: static void namaMethod();
//method static bernama namaMethod yang tidak mengembalikan nilai.
Method yang bisa mengembalilkan nilai menggunakan statement return dan tipe data
Ex: static int namaMethod(int b);
return b;
//method bernama namaMethod() yang mengembalikan nilai integer
//mempunyai 1 parameter yaitu b dan bertipe integer
//return adalah keyword untuk mengembalikan nilai
NB
method yang dipanggil dari dalam method static harus static
method tidak static hanya bisa dipanggil melalui method tidak statik dan mekanisme instansiasi
Jika memanggil method dalam satu kelas method harus static
method static hanya bisa memanggil method yang static
Parameter adalah suatu nilai yang dapat diubah-ubah dari luar untuk menentukan hasil
mengirim >> parameter aktual //yang di main
menerima >> parameter formal
inilah contoh-contoh method
--> contoh method satu (method yang mengembalikan nilai) :
public class MethodInputan {
private static void bikinMethod(Integer x, Integer y){
System.out.println("2+3= "+(x+y));
System.out.println("2-3= "+(x-y));
System.out.println("2*3= "+(x*y));
Long along = new Long(x);
Long along1 = new Long(y);
double x1 = along.doubleValue();
double y1 = along1.doubleValue();
System.out.println("2/3= "+(x1/y1));
}
public static void main (String arg[]){
Integer x = 2 ;
Integer y= 3 ;
bikinMethod(x,y);
}
}
--> contoh method dua :
public class MethodBilanganGanjil {
private static void bilanganGanjil(int x12) {
System.out.print(x12+" ");
}
public static void main (String arg[]){
int x = 17;
for (int x1 = 1; x1
if (x1%2==1) {
bilanganGanjil(x1);
}
}
}
}
function diperlukan apabila kita memerlukan sesuatu secara berulang - ulang. contoh : awalnya boss mengerjakan semua hal, lalu kerjaan boss menjadi banyak dan memakan waktu dan perhatian, kemudian boss mempunyai anak buah yang pertama sekretaris, lalu administrasi umum, lalu office boy agar boss bisa fokus dengan kerjaan utama sementara office boy membuat kopi untuk boss. Jelaskah analogi ini ?
Awal : Bos -> mengerjakan semua hal
Next : Bos -> fokus kerjaan utama
sekretaris -> surat menyurat dan jadwal
admin umum -> pembelian dan lain2
office boy -> bersih - bersih kantor
Nah begitu juga dengan program, jika program terlalu besar dan tidak ada manajemen dalam penulisan program maka program akan berantakan persis seperti boss yang tenggelam dalam banyaknya pekerjaan yang harus dia handle, ini jga sama halnya dengan method.
inilah contoh Function dalam java,,
--> contoh function satu :
public class BuatFunction {
public static Integer tambah(int x, int y){
Integer hasil = x+y;
return hasil;
}
public static Integer kurang(int x, int y){
Integer hasil1 = x-y;
return hasil1;
}
public static Integer kali(int x, int y){
Integer hasil2 = x*y;
return hasil2;
}
public static double bagi(double x, double y){
double hasil3 = x/y;
return hasil3;
}
public static void main (String arg[]){
Integer x = 2 ;
Integer y= 3 ;
Integer c = tambah(x,y);
Integer d = kurang(x,y);
Integer e = kali(x,y);
double f = bagi(x,y);
System.out.println(x + " + " + y + " = " + c);
System.out.println(x + " - " + y + " = " + d);
System.out.println(x + " * " + y + " = " + e);
System.out.println(x + " / " + y + " = " + f);
}
}
--> contoh Function dua :
public class FunctionBilanganGenap {
public FunctionBilanganGenap(){
tambah(2,17);
}
public void tambah(int awal, int akhir){
for (int x1 = awal; x1
if (x1 % 2 == 0){
System.out.print(x1+" ");
}
}
}
public static void main(String arg[]) {
new FunctionBilanganGenap();
}
}
--> contoh Function tiga :
/*
* Menampilkan Bilangan PRIMA diantara 1 s/d 100
*
* Bilangan PRIMA adalah Bilangan asli yang dimulai dari 2,
dimana bilangan ini adalah bilangan yang tidak habis dibagi dengan bilangan apapun dibawahnya
kecuali dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.
* Apabila bilangan tersebut habis dibagi selain 1 dan bilangan itu sendiri maka bilangan bukan PRIMA
*
*/
public class FunctionBilanganPrima {
public FunctionBilanganPrima()
{
cetakPrima(17);
}
public void cetakPrima(int nRange)
{
boolean isPrime = false;
for (int i = 2; i <= nRange; i++)
{
if (i >= 2)
{
isPrime = true; // Pertama cek dan berasumsi bahwa nilai ini merupakan bilangan PRIMA
// Kemudian membagi nilai tersebut dengan nilai lebih dari 2
// dan kurang dari nilai itu sendiri
// dimulai dari angka 2 karena jika mulai dari 1 maka pasti sisanya 0
for (int j = 2; j < i; j++)
{
if (i % j == 0)
{
//Jika dibagi menghasilkan sisa 0 maka pasti bukan bilangan PRIMA
isPrime = false;
break; // Tidak perlu dicek lagi
}
}
}
if(isPrime)
{
System.out.print(i + " ");
}
}
}
public static void main(String[] args) {
new FunctionBilanganPrima();
}
}
created by Rizki Agung Nugraha
0 komentar:
Posting Komentar